Pages

Ujian Paraktek TIK Kelas 9 (VII - Semester 1-BAB-1)

Posted by Unknown Sabtu, 01 Februari 2014 0 komentar
BERBAGAI JENIS PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

A.Peralatan Komunikasi Zaman Dahulu
Peralatan komunikasi sudah ada sejak dahulu kala,seiring dengan perkembangan zaman komunikasi mengalami kemajuan yg sangat pesat.Berikut ini peralatan komunikasi zaman dahulu.

 1.PAPYRUS
Tanaman Cyperus Papyrus
Tanaman papirus tumbuh di sepanjang tepi sungai di perairan yang berarus tenang.Tanaman air ini menyerupai buluh dan memiliki daun yang tumbuh dari dasarnya.Batang papirus berbentuk segitiga, lurus, dan bisa tumbuh sampai sekitar 15 meter.Pada masa Mesir kuno, tanaman ini memiliki kegunaan beragam dari sebagai sumber makanan, obat-obatan dan parfum, untuk bahan baku pembuatan keranjang, mebel, bahkan perahu.Akar dan batang papirus bisa dimakan layaknya sayuran, sedangkan batangnya saja bisa digunakan untuk membangun rumah.
Kertas Papirus
Diyakini bahwa orang Mesir mulai membuat kertas dari papirus sejak tahun 4.000 SM.Untuk membuat kertas, lapisan terluar batang dikupas dan hanya bagian dalam yang digunakan.Batang bagian dalam ini direndam dan dikeringkan. Batang yang telah berbentuk serat ini lantas dianyam hingga mirip berbentuk tikar.Tikar papirus lantas dibasahi dan ditekan. Hal ini memungkinkan anyaman menjadi bersatu akibat getah lengket yang terkandung di dalamnya.Lembaran papirus selanjutnya dikeringkan di bawah sinar matahari. Jika diperlukan, permukaan lembaran bisa dipoles agar semakin halus.Tergantung pada kebutuhan, lembaran papirus bisa digunakan apa adanya atau disambung hingga membentuk gulungan.
2.BEREGUH
Bereguh adalah instrumen/alat musik tiup tradisional yang terbuat dari tanduk kerbau. Instrumen ini umumnya tidak digunakan untuk bermain musik, melainkan dimanfaatkan sebagai alat komunikasi antara dua atau beberapa orang yang terletak berjauhan, biasanya di hutan. Dengan meniupnya, kelompok lain dapat memperkirakan keberadaan dan jarak orang yang meniup instrumen tersebut. Cara penggunaan bereguh agar dapat menghasilkan bunyi adalah dengan ditiup pada ujung instrumen yang meruncing dan melengkung, namun demikian rentang nada yang dapat dihasilkan oleh instrumen musik ini umumnya terbatas dan sangat bergantung pada teknik yang digunakan peniup dalam memainkannya.
Bereguh merupakan instrumen musik tradisional asli suku Aceh. Penggunaan instrumen ini tersebar seluruh wilayah aceh, terutama Aceh Besar, Pidie,Aceh Utara. Pada masa silam, instrumen ini umumnya digunakan sebagai perlengkapan yang digunakan dalam berburu. Meskipun tidak dimanfaatkan secara langsung untuk berburu, bereguh merupakan wahana yang digunakan untuk berkomunikasi antara sesama pemburu, ataupun untuk meminta pertolongan saat tersesat di tengah hutan.

3.KULKUL
Pada zaman Jawa-Hindu, kulkul disebut ’Slit-drum’ yaitu berupa tabuhan dengan lubang memanjang yang terbuat dari bahan perunggu. Pada masyarakat Bali, istilah kulkul ditemukan dalam syair Jawa-Hindu Sufamala. Beberapa lontar Bali, juga menyebutkan keberadaan kulkul seperti Awig-awig Desa SarwaadaMarkaNdeya Purana, dan Diwa Karma. Keempat naskah kuno Bali ini, mengungkapkan pentingnya kayu, yang bermakna pikiran dalam kehidupan manusia, yang biasa disebut dengan kulkul. Kayu adalah bahan dasar dari kulkul yang erat hubungannya dengan manusia. Pada masa pemerintahan Belanda di Indonesia, kulkul lebih dikenal dengan nama ’Tongtong’.

B.PERLATAN TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI ZAMAN MODEREN

1.Teknologi Informasi dan Komunikasi, 
TIK (bahasa Inggris: Information and Communication TechnologiesICT) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
2.Teknologi Informasi dan Komunikasi
Peralatan teknologi dan komunikasi adalah komunikasi jarak jauh.Peralatan komunikasi sebahai berikut surat kabar,radio,televisi dan sebaginya
a.Surat Kabar 
   Surat kabar merupakan salah satu ragam dari ruang lingkup jurnalisme cetak. Surat kabar adalah lembaran tercetak yang memuat laporan yang terjadi di masyarakat dengan ciri-ciri terbit secara periodik, bersifat umum, isinya termasa dan aktual mengenai apa saja dan dimana saja di seluruh dunia untuk diketahui pembaca.Surat kabar dikembangkan untuk bidang-bidang tertentu, misalnya berita untukindustri tertentu, penggemar olahraga tertentu, penggemar seni atau partisipan kegiatan tertentu. Jenis surat kabar umum biasanya diterbitkan setiap hari, kecuali pada hari-hari libur. Surat kabar sore juga umum di beberapa negara. Selain itu, juga terdapat surat kabar mingguan yang biasanya lebih kecil dan kurang prestisius dibandingkan dengan surat kabar harian dan isinya biasanya lebih bersifat hiburan.Surat kabar atau koran adalah barang cetakan yang berisi berita, informasi dan pendidikan yang terbit secara kontiniu yang biasanya harian. Surat kabar merupakan salah satu bentuk media cetak yang tidak dijilid, dalam ukuran normal dan tiap halaman terdiri 9 kolom. Ada yang terbit 8 halaman, 12 halaman, 16 halaman dan ada yang lebih dari jumlah itu.
b.Radio
Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).
c.Televis/TV
Televisi merupakan sistem elektronik yang mengirimkan gambar diam dan gambar hidup bersama suara melalui kabel atau ruang. Sistem ini menggunakan peralatan yang mengubah cahaya dan suara ke dalam gelombang elektronik dan mengkonversinya kembali ke dalam cahaya yang dapat dilihat dan suaranya dapat didengar
d.Telepon
Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.
Dalam perkembangan berdasarkan fungsinya, peralatan teknologi informasi dan komunikasi sulit dipisahkan sehingga muncul istilah teknologi informasi dan komunikasi.
Sumber sebagian saya ambil dari:
https://docs.google.com/file/d/0Bzfdvpfa9TpiNkZlWS1DRUxhdnc/edit

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ujian Paraktek TIK Kelas 9 (VII - Semester 1-BAB-1)
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://situslombok.blogspot.com/2014/01/ujian-paraktek-tik-kelas-9-vii-semester.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

AZMIJAKA#39;s Blog support SITUSLOMBOK - Original design by Bamz | Copyright of SitusLombok .